Posted by : Ary Yulianto Senin, 26 Agustus 2013


 

1. Tentang Domain

Apa itu nama Domain?
Nama Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di internet. Nama Domain memberikan kemudahkan pengguna di internet untuk melakukan akses ke server dan mengingat server yang dikunjungi dibandingan harus mengenal deretan nomor atau yang dikenal IP. 
Contoh : misal alamat IP server tempat file web kita disimpan adalah 77.165.90.89 sebenarnya kita bisa saja mengetikkan 77.165.90.89 langsung di browser untuk mengakses website kita, namun hal ini tentunya sangat tidak baik bagi ingatan orang khususnya ingatan pengunjung website yang mengakses website kita. Sehingga fungsi domain lebih untuk mudahkan orang mengingat sebuah nama url dibanding deretan deretan angka IP. Untuk itu diperlukan domain guna mengganti deretan angka tersebut agar menjadi deretan kata yang tentunya gampang diingat. misal: ardef.com akan lebih mudah diingat ketimbang angka 218.719.51.617.

Apa itu Top Level Domain?
Top Level Domain adalah deretan kata dibelakang nama domain seperti
  1. .com (dotcommercial)
  2. .net (dotnetwork)
  3. .org(dotorganization)
  4. .edu(doteducation)
  5. .gov(dotgoverment)
  6. .mil(dotmilitary)
  7. .info (dotinfo)
  8. dll
Ada dua macam Top Level Domain, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD adalah seperti yang diungkapkan diatas dan ccTLD adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id) atau Singapura dengan kode SG (com.sg, net.sg, dsb). 

Apa itu Second Level Domain (SLD)?
Second Level Domain Name (SLD) adalah nama domain yang anda daftarkan. Misalnya nama domain yang anda daftarkan adalah domainku.com, maka domainku adalah SLD dan .comnya adalah TLD. 

Apa itu Third Level Domain?
Third Level Domain adalah nama sebelum Second Level Domain dan Top Level Domain. Misalnya nama domain yang anda miliki adalah ary.com, maka anda dapat menambahkan nama lain sebelum ary, yaitu mail.ary.com atau search.ary.com. 

2. Tentang URL

URL( Uniform Resource Locator )
URL, merupakan metode penamaan situs di internet yang banyak digunakan di WWW. URL
menjelaskan tipe dokumen, nama komputer tempat dokumen disimpan, direktori/sub-
direktori dokumen dan nama dokumen
Contoh:
http://www.Indonesia.com/keren/bali.htm

URL Keterangan:
http:// = Protokol atau kode jenis layanan di Internet.
www.indonesia.com = Hostname atau nama domain untuk mengidentifikasi lokasi halaman web. Pada URL, nama domain dapat diganti dengan alamat IP. Misalnya, http://55.100.100/
/keren = Direktori atau lokasi penyimpanan file
/bali.htm = Nama dokumen dan jenis file

3. Perbedaannya

Domain name hanya mengacu pada sistem penamaan alamat internet protokol, sedangkan URL (Uniform Resource Locator) adalah sarana untuk menentukan alamat yang akan dipakai untuk mengakses internet, sebagai contoh: domain name untuk situs yang sedang anda buka ini adalah kominfo.go.id; sedangkan alamat URL untuk situs web adalah http://www.kominfo.go.id Boleh dikatakan, alamat URL merupakan alamat khusus untuk file tertentu yang bisa diakses oleh internet. Perlu diketahui, alamat URL tidak hanya mencakup file HTML, namun termasuk juga jenis-jenis file lain yang bisa diakses oleh internet, misalnya file image bertipe .jpg dan .gif.

Source : 1.  2.  3.  4.  5.

{ 4 komentar... read them below or Comment }

Labels

Followers

FanPage

Translate This

Ardef. Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

- Copyright © 2013 Ardef -Metrominimalist- Powered by Blogger - Redesigned by Ary Yulianto -